Uncategorized

Beberapa Rumah Adat Yang Menarik Di Indonesia

gambar rumah adat

Indonesia merupakan negara yang terkenal dengan keayaan alam dan budaya. Mulai dari suku, adat, tarian, pakaian sampai rumah tradisionalnya. Hampir di setiap provinsi yang ada di Indoenesia memiliki rumah-rumah tradisional yang memiliki makna dan simbol tertentu sesuai dengan adat daerah tersebut.

Rumah-rumah adat yang ada di Indonesia memiliki desain arsitektur yang unik dan memiliki kelebihan tersendiri. Berikut ada;ah beberapa rumah adat yang ada di Indonesia.

1.  Rumah Gadang, Sumatera Barat

Di Provinsi Sumatera Barat terdapat rumah tradisional yang dikenal dengan sebutan Rumah Gadang. Masyarakat Sumatera Barat menyebut Rumah Gadang ini dengan sebutan Rumah Bagonjong atau rumah Godang. Keunikan dari Rumah Gadang ini yaitu memiliki baian atap seperti tanduk. Di dalam ruangan rumah tersebut tidak memiliki sekat kecuali pada kamar tidurnya. Bagian depan Rumah Gadang juga memiliki ukiran ornamen dengan motif yang beragam seperti bunga, daun serta bidang persegi empat atau genjang.

2.  Rumah Adat Aceh ( Krong Bade )

Rumah adat Krong Bade adalah rumah adat yang berasal dari Aceh. Sebutan lain untuk rumah adat Krong Bade adalah Rumoh Aceh. Keunikan dari Rumah adat ini yaitu hanya memiliki satu tangga yang digunakan tamu atau orang yang tinggal dirumah untuk keluar masuk. Selain itu, Rumah adat Krong Bade ini berbentuk persegi panjang dari timur ke barat dan atapnya terbuat dari daun rumbia. Pada dinding rumah juga biasa nya terdapat banyak ukiran-ukiran.

3.  Rumah Tongkonan, Sulawesi Selatan

Rumah adat yang satu ini terdapat di daerah Sulawesi Selatan. Rumah adat Tongkongan ini memiliki kesamaan seperti rumah adat yang lain seperti struktur bangunan rumah yang menyerupai panggung dengan tiang penyokong yang berbentuk bulat. Dinding rumah adat Tongkongan ini terbuat dari susunan papan yang direkatkan tanpa menggunakan paku namun dindingnya tetap kokoh dan kuat sampai bertahun-tahun.

Yang unik dari rumah adat Tongkona ini terdapat dibagian atapnya yang memiliki bentuk seperti perahu terbalik. Ada juga yang bilang jika atap rumah adat ini mirip dengan tanduk kerbau. Bahan dari atap rumah adat ini juga terbuat dari daun rumbia atau ijuk. Meski sekarang mungkin kita sudah bisa menemukan yang atapnya sudah terbuat dari seng.

Di masa lalu, rumah adat Tongkonan ini merupakan tempat tinggal masyarakat Toraja dan di anggap sebagai ibu. Sedangkan Lumbung Padi di anggap sebagai lambang ayah (Alang Sura)

4.  Rumah Mbaru Niang, Nusa Tenggara Timur (NTT)

Rumah adat Mbaru Niang merupakan rumah adat di Nusa Tenggara Timur yang hanya bisa ditemukan di desa terpencil di pulau Flores. Dari tampilan luarnya, terlihat bentuk unik bangunan yang mengerucut dengan tinggi 15 meter dan terdapat lima lantai di dalamnya. Masing-masing lantai rumah memiliki fungsi masing-masing.

  • Lantai dasar berfungsi untuk tempat tinggal dan berkumpul.
  • Lantai kedua untuk menyimpan bahan makanan dan barang-barang penting.
  • Lantai ketiga sebagai tempat menyimpan benih-benih tanaman pangan seperti padi dan jagung.
  • Lantai empat untuk stok pangan jika terjadi kekeringan,
  • Lantai lima atau lantai paling atas untuk tempat sesajian (persembahan) kepada leluhur.

Pada tahun 2012, usalah pelestarian rumah adat Mbaru Niang mendapatkan penghargaan tertinggi dengan kategori warisan budaya dari UNESCO Asia Pasifik.

5.  Rumah Joglo, Jawa

Rumah Adat Joglo adalah rumah adat khas daerah Jawa yang memiliki beberapa ciri khas pada area bangunannya seperti pendapa, pringgitan, sentong, gandok tangen, dalem dan gandok kiwo. Di bagian pendapa, biasanya dijadikan sebagai ruangan pertemuan atau acara besar. Pringgitan merupakan bagian yang berfugsi sebagai jalan untuk menghubungkan antara pendopo dengan bagian utama rumah. Sedangkan, bagian dalem adalah area privasi atau kamar pribadi.

Rumah adat Joglo memiliki beberapa jenis diantaranya adalah Joglo Pangrawit, Joglo Lawakan, Joglo Hageng, Joglo Jompongan, Joglo Semar Tinandhu, Joglo Sinom dan Joglo Mangkurat.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*