Uncategorized

Berikut cara mengobati mata ikan agar tidak semakin memburuk.

Tidak hanya dimata kaki saja, penyakit tersebut dapat muncul diarea tubuh lainnya. dan perlu kita waspadai juga karena penyakit tersebut bisa muncul dimana saja dimana dan kapanpun. telapak tangan, jari, bahkan wajah salah satu area yang juga termasuk rentan dalam munculnya mata ikan tersebut. Mata ikan adalah benjolan keras dan kasar, selain dapat menular biasanya mata ikan tersebut muncul di tempat yang sering mendapatkan tekanan berulang, seperti di bagian atas telapak kaki, jari kaki, antarjari kaki, maupun samping telapak kaki. Tekanan yang berulang tersebut  juga dapat menyebabkan penyakit ini tumbuh ke dalam, di bawah lapisan kulit yang keras dan tebal seperti kapalan. Tidak terlalu sama dengan kepalan, ada sedikit perbedaan, sepertihalnya penyakit ini lebih kecil dan memiliki bagian tengah yang keras dikelilingi oleh kulit yang meradang. Selain itu, rasanya yang begitu menyakitkan jika disentuh. Sementara kapalan tersebut jarang sekali sakitdan biasanya memiliki ukuran yang lebih besar. Sebelum kamu menegtahui bagaimana cara mengobati mata ikan yang terjadi, ketahui beberapa faktor yang dapat menyebabkan penyakit tersebut muncul :

  • Anak-anak dan remaja
  • Kebiasaan berjalan kaki tanpa alas
  • Hammertoe, yaitu kelainan pada jari kaki yang bengkon dan berbentuk seperti cakar
  • Bunions, benjolan tulang abnormal yang terbentuk pada sendi di pangkal jempol kaki Anda
  • Kelainan bentuk kaki lainnya
  • Orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah
  • Pernah mengalami penyakit ini sebelumnya
  • Memiliki kaki pecah-pecah
  • Sering memakai sepatu yang kekecilan atau kelonggaran
  • Tidak menggunakan kaus kaki

Dalam beberapa kasus, mata ikan yang terjadi pada bagian area kaki bukanlah suatu penyakit yang serius. Meski begitu, jika penyakit tersebut tidak terlalu mendapatkan penanganan  dengan baik, maka kondisinya akan menyebabkan rasa tidak nyaman atau nyeri ketika kita ingin beraktifitas.[1] “dilansir dari laman Alodokter” Penyakit mata ikan tersebut terlihat keras karena faktor dari penumpukan kulit mati yang membentuk permukaan kulit sehingga dapat keras dan memiliki inti di tengah. Sedangkan, mata ikan yang lunak biasanya timbul di antara jari manis dan kelingking pada kaki. Untuk tipe mata ikan kecil, kebanyakan dari mereka ahli medis mengatakan bahwa kondisi ini disebabkan karena  adanya saluran keringat yang tersumbat. Mata ikan dapat muncul diarea manapun tetap saja mengganggu selain menimbulkan ketidak nyamanan, mata ikan ini terasa sakit ketika sedang berjalan. Berikut beberapa langkah untuk mengobati mata ikan yang terjadi.

  • Menggunakan obat-obatan

Anda dapat membeli obat penghilang mata ikan di apotek. Ada juga penghilang mata ikan berupa plester yang ditempelkan langsung pada area mata ikan. Biasanya plester ini mengandung asam salisilat yang bersifat panas dan mungkin dapat membakar kulit atau menyebabkan kulit kemerahan. Agar kulit tidak sampai terbakar, baca cara pakainya dengan benar. Jika timbul keluhan tersebut pada kulit, segera hentikan pemakaian dan kunjungi dokter.

  • Mengonsumsi obat dengan resep dokter

Biasanya dokter akan merekomendasikan obat atau prosedur medis untuk membuang mata ikan. Dokter juga akan membantu mencari penyebab terjadinya mata ikan.

  • Memanfaatkan batu apung

Anda dapat mengatasi mata ikan di telapak kaki dengan memanfaatkan batu apung. Caranya mudah, agar kulit mata ikan menjadi lebih lunak, rendam kaki menggunakan air hangat. Kemudian, gosok mata ikan di telapak kaki menggunakan batu apung secara perlahan untuk mengikis kulitnya. Setelah selesai, oleskan pelembap ke area kulit yang terkikis agar kulit tetap lembap dan halus. Anda dapat melakukan perawatan ini secara rutin sampai mata ikan hilang.

  • Menggunakan antibiotik dengan rekomendasi dokter

Penggunaan antibiotik untuk mengobati mata ikan berfungsi untuk mencegah dan mengatasi infeksi pada penanganan mata ikan yang dilakukan sendiri.

Sumber: Sehatq.com



[1] Sumber referensi Hellosehat.com

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*