Uncategorized

Cara Baik Memperhatikan Kebersihan Dan Kerapihan Kusen Jendela Aluminium Swing

gambar jendela aluminium swing

Jendela Aluminium Swing – Saat ini, pembangunan rumah modern sudah banyak menggunakan aluminium sebagai kusen pintu maupun jendela. Hal ini disebabkan karena menurunnya produksi kayu. Komponen aluminium ini memang cocok dipilih karena  lebih tahan terhadap perubahan cuaca. Selain itu, pilihan ragam model kusennya juga ada banyak macamnya. Untuk jendela, salah satunya adalah jendela aluminium swing. 

Jendela aluminium swing ini merupakan salah satu jendela aluminium yang banyak diminati. Meskipun terbuat dari aluminium yang tahan terhadap perubahan cuaca, tapi bagian kusennya juga tak luput dari debu dan kotoran yang bisa membuat warna kusen jendelanya menjadi kusam, bahkan bisa membuatnya teroksidasi. Oleh sebab itu, diperlukan cara yang tepat dalam memerhatikan kebersihan dan kerapihan kusen jendela aluminium swing. Sebelum mengetahui caranya, mari mengenal terlebih dahulu karakteristik dari jendela aluminium swing ini.

Mengenal Jendela Aluminium Swing

Jendela ini memiliki bentuk yang paling sering dipakai di rumah tinggal. Jendelanya memiliki arah bukaan satu arah, yaitu keluar menyamping yang dapat mengembangkan cahaya dan udara untuk masuk ke dalam ruangan. Jendela aluminium swing ini menggunakan beberapa jenis aksesoris yang tidak digunakan pada jendela kayu, yaitu engsel casement atau friction stay yang dapat berguna untuk membatasi seberapa besar bukaan yang kita inginkan. 

Engsel casement ini pun berbeda dengan engsel pada umumnya yang posisinya berada di komponen yang melekat pada kusen yang mana ketika posisi jendelanya tertutup engselnya tidak akan terlihat. Keunggulan dari engsel ini diantaranya, yaitu; dapat menambah keindahan jendelanya, serta membuat jendela semakin aman dari pencuri karena akan susah untuk dibobol.

Cara Membersihkan Kusen Jendela Aluminium Swing

Sebelum membersihkan kusen jendela aluminium swing, perhatikan bagian kusen luarnya. Mengapa? Karena, bagian ini yang cenderung lebih kotor dan berdebu. Adapun langkah-langkah membersihkannya adalah sebagai berikut;

  1. Semprot bagian luar kusen jendela aluminium swing dengan selang air supaya dapat meluruhkan semua debu yang menempel. Pastikan tidak ada kebocoran. Setelah itu, segera keringkan dengan kain bersih.
  2. Lap kusennya dengan kain yang sudah dicelupkan dalam larutan air yang dicampur dengan detergen cair. Deterjen ini akan membuat kotoran menempel dan susah terangkat bisa menjadi lebih mudah dibersihkan, serta dapat membuat kusen lebih mengkilap. Lebih baik lagi bila anda menggunakan deterjen khusus pembersih aluminium.
  3. Lap kembali permukaan aluminiumnya dengan menggunakan lap basah tanpa sabun agar dapat mengangkat deterjen yang masih menempel di permukaan kusennya. 
  4. Keringkan kusen dengan lap kering yang bersih. 
  5. Jangan lupa pula untuk mengelap bagian bawah kusen tempat dimana menetesnya sisa air dan kotoran.
  6. Setelah bersih dan dikeringkan, poles kusen aluminum dengan bahan pengilap. Anda dapat membelinya di toko perlengkapan rumah. 
  7. Jika tidak memiliki bahan pengilap aluminum, anda juga bisa menggunakan spons yang ditambah dengan bubuk pembersih piring. Setelah dipoleskan ke kusen jendelanya, bilas dan keringkan kembali.

Ada baiknya untuk menjaga kebersihan dan kerapihan kusen jendela aluminium swing anda melakukan penyemprotan setiap 3 hingga 4 minggu sekali. Hal ini supaya kusen jendela aluminium swing di rumah anda tetap mengkilap dan bersih. Demikianklah sekiranya yang dapat disampaikan mengenai cara baik memperhatikan kebersihan dan kerapihan kusen jendela aluminium swing. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*