Uncategorized

Enam Cara Efektif untuk Mendorong Inovasi

Kreativitas dan inovasi karyawan sangat penting untuk keberhasilan bisnis apa pun, terutama di saat terjadi gejolak ekonomi. Ada hubungan yang jelas antara keterlibatan karyawan dan inovasi menurut jajak pendapat Gallup 2006.

Karyawan yang terlibat lebih kreatif dan lebih bersedia menerima ide-ide inovatif dari orang lain. Sebagian besar CEO menghargai kreativitas, dan karyawan yang diizinkan menjadi kreatif lebih terikat dengan posisi mereka saat ini.

Budaya perusahaan dapat mendorong atau menghambat inovasi. Untungnya, para pemimpin bisnis dapat membentuk lingkungan kerja yang lebih kreatif jika mereka mengikuti beberapa pedoman dasar.

Pertahankan dialog terbuka antara karyawan dan manajemen tingkat atas

Dialog secara efektif akan memotivasi dan melibatkan karyawan. Selalu izinkan karyawan mempresentasikan ide mereka sebelum keputusan penting dibuat.

Berikan umpan balik kepada karyawan, bahkan ketika ide-ide mereka tidak digunakan, sehingga mereka tahu bahwa mereka tidak diberhentikan.

Mendorong komunikasi antar departemen: Kolaborasi antara anggota departemen yang berbeda sering menghasilkan solusi kreatif untuk masalah. Komunikasi antar departemen memfasilitasi kepercayaan dan mencegah konflik. Departemen yang tidak berkomunikasi lebih cenderung saling menyalahkan ketika masalah muncul.

Atur Sesi Brainstorming

IBM telah menemukan kemacetan inovasi cukup berhasil. Sejak 2001, kemacetan telah memungkinkan ratusan ribu karyawan IBM di seluruh dunia untuk terhubung dan menghasilkan solusi inovatif untuk masalah perusahaan.

Anda tidak perlu menjalankan perusahaan global untuk mendapat manfaat dari kolaborasi seluruh perusahaan. Berikan karyawan Anda peluang reguler untuk saling memantulkan ide.

Libatkan karyawan dengan mendorong mereka untuk berbagi ide kreatif

Jangan membatasi kreativitas pada acara-acara khusus. Karyawan harus didorong untuk terus membagikan gagasan mereka dengan penyelia dan satu sama lain.

Temukan metode komunikasi paling efektif untuk organisasi Anda. Anda mungkin ingin membuat jenis kotak saran atau menjadwalkan waktu di akhir pertemuan agar orang-orang membagikan ide-ide mereka.

Jangan Memaksa Orang Untuk Menjadi Inovatif

Kreativitas dapat didorong tetapi tidak dipaksa. Memaksa orang untuk mempresentasikan ide-ide kreatif pada waktu-waktu tertentu tidak akan membawa inovasi sejati.

Sebaliknya, buat sejumlah insentif berbeda untuk menarik kreativitas. Ide-ide inovatif dapat dihargai secara finansial, dengan peluang untuk kemajuan atau insentif lain yang Anda anggap efektif untuk basis karyawan Anda.

Tetap Fleksibel Dan Pemaaf

Lingkungan yang tidak fleksibel menghambat inovasi. Inovasi sering kali melibatkan pengambilan risiko. Dorong karyawan untuk berpikir di luar kotak dan menerapkan ide tanpa gangguan.

Selain itu, jangan menghukum karyawan jika ide tidak berhasil. Karyawan yang dihukum karena mengambil risiko berfungsi sebagai peringatan bagi orang lain agar tidak menjadi kreatif atau inovatif.

Melacak Inovasi Perusahaan

Banyak pemimpin di manajemen atas kehilangan minat dalam mendukung kreativitas dan inovasi karena mereka tidak repot-repot melacak inovasi masa lalu.

Mengetahui berapa banyak inovasi karyawan yang telah dilaksanakan dan seberapa sukses mereka, menyajikan gambaran yang jelas tentang manfaat finansial dari kreativitas karyawan.

Melacak inovasi juga akan menunjukkan apakah ada perubahan yang perlu dilakukan untuk program yang baru-baru ini diterapkan atau budaya perusahaan.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*