Uncategorized

Gunung Di Indonesia Yang Menarik Untuk Didaki

gambar gunung di indonesia

Indonesia merupakan negara yang berada di wilayah seismik paling aktif di dunia yang disebut dengan Cincin Api Pasifik (Ring Of Fire). Di indonesia setidaknya terdapat kurang lebih sekitar 130 gunung berapi aktif yang dapat meletus dan menyebabkan gempa sewaktu-waktu.

Meski terdengar menyeramkan dan menakutkan, namun bagi para pecinta alam yang hobi mendaki itu merupakan sebuah tantangan tersendiri untuk menaklukan beberapa puncak Gunung merapi yang ada di Indonesia. Selama perjalan mendaki ini kita bisa merasakan dan menemukan hutan hujan tropis, kawah berasap, dan danau yang menjadi pengalaman tidak terlupakan.

Ini dia beberapa gunung yang ada di Indonesia yang sering didaki oleh para pendaki dari dalam maupun luar negeri.

1.  Gunung Papandayan Garut, Jawa Barat (2.655 mdpl)

Gunung Papandayan merupakan gunung terdekat dari Ibukota Jakarta. Mendaki Gunung Papandayan ini sangat cocok untuk para pendaki pemula karena hanya memerlukan waktu kurang lebih dua hari untuk mencapai puncak gunung papandayan. Keunikan yang dimiliki gunung Papandayan ini terletak pada kawahnya yang sebagian besar kawahnya dapat terlihat dari puncak gunung. Banyaknya uap kawah menjadikan pemandangan yang terlihat pun semakin menakjubkan. Para pendaki juga biasanya mendirikan basecamp yang letaknya sebelum mencapai kawah.

Pemandangan lain yang dapat dinikmati di gunung papandayan ini yaitu adanya padang edelweis yang ada di puncak gunung papandayan dan juga hutan mati.

2.  Gunung Merbabu Boyolali, Jawa Tengah (3.145 mdpl)

Gunung Merbabu ini letaknya berdampingan dengan gunung Merapi yang memiliki pemandangan yang menakjubkan. Keindahan yang disajikan juga bukan hanya di puncaknya tapi juga di setiap bagian gunung yang dilewati. Salah satu keindahan yang disajikan yaitu padang sabana yang menyajikan pemandangan bunga edelweis. Padang sabana ini bisa dilihat jika mendaki melalui jalur Selo, Boyolali. Untuk menuju puncak gunung Merbabu, jalur lain yang dapat dilalui yaitu jalur Kopeng di Salatiga dan Wekas di Magelang.

3.  Gunung Merapi Boyolali, Jawa Tengah (2.930 mdpl)

Gunung Merapi merupakan salah satu gunung berapi paling aktif yang ada di Indonesia. Wedus gembel merupakan sebutan masyarakat lokal di sekitar gunung merapi untuk awan guguran panas (psyrocastik flow) yang sering diikuti dengan letusan gunung merapi. Gunung Merapi ini mencakup tiga daerah yaitu Boyolali, Magelang dan Sleman. Oleh karena itu terdapat tiga jalur yang dapat dilalui oleh para pendaki untuk mencapai puncak gunung merapi yaitu jalur via Selo (Boyolali), Babadan (Magelang), dan jalur Kinahrejo (Sleman).

4.  Gunung Prau Wonosobo, Jawa Tengah (2.565 mdpl)

Gunung Prau ini bukan termasuk gunung berapi yang aktif namun karena letaknya yang berada di wilayah Gunung berapi besar (Dieng Plateau/Dataran Tinggi Dieng) menjadikan gunung Prau ini masih memiliki kegiatan panas bumi di sekitarnya dan juga ada beberapa danau asam yang terdapat di Dataran Tinggi Dieng ini.

Waktu yang diperlukan untuk mendaki ke puncak gunung Prau ini cukup singkat. Tidak heran jika puncak gunung Prau menjadi tempat favorit untuk melakukan camping. Pemandangan yang ditampilkan dari puncak gunung Prau juga sangat menakjubkan. Kita bisa melihat 2 gunung berapi yaitu gunung Sumbing dan gunung Sindoro di kejauhan. Di sisi sebaliknya kita akan disuguhi pemandangan dari wilayah Dieng Plateau.

Itulah beberapa gunung yang menarik untuk didaki baik untuk para pemula maupun yang sudah terbiasa dalam mendaki pegunungan. Terima kasih.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*