Uncategorized

Jenis Jenis Hutan Di Indonesia Dan Spesifikasinya

Hasil gambar untuk hutan

Jenis-jenis hutan di Indonesia jelas sangat beragam. Memang, di setiap pulau besar di Indonesia, kebanyakan dari mereka memiliki hutan yang luas. Tidak heran sering Indonesia juga disebut paru-paru dunia.

Pendakian Gunung Cimero menutup dampak keseluruhan dari kebakaran hutan

80 hektar hutan yang terbakar di Cutawareen bagian barat berhasil dipadamkan

Namun, baru-baru ini ada banyak kebakaran hutan yang telah menyebabkan besarnya kerugian yang dialami.

Tentu saja, upaya masyarakat dan pemerintah untuk melindungi hutan diperlukan untuk melestarikan hutan. Apalagi dengan adanya berbagai jenis hutan di Indonesia.

Jenis hutan Indonesia dapat dibagi berdasarkan iklim. Ada berbagai jenis hutan seperti hutan hujan tropis, hutan bakau, hutan sabana, musim hujan, dan hutan rawa di Indonesia.

Selain itu, ada juga pembagian jenis hutan berdasarkan jenis pohon yang tumbuh.

Spesies hutan yang paling terkenal di Indonesia adalah hutan hujan tropis. Hutan hujan tropis ini dikenal sebagai jenis hutan di Indonesia karena kepulauan Indonesia sangat cerah, hujan lebat, dan kenaikan suhu rata-rata.

Berikut adalah karakteristik hutan hujan tropis pada umumnya:

Tanaman yang hidup di hutan hujan tropis biasanya digolongkan sebagai tanaman dengan kaki panjang besar dan daun lebat, dan tumbuh berdekatan satu sama lain.

Untuk hewan yang hidup di hujan tropis, mereka sangat berbeda karena mereka dibagi menjadi tiga wilayah, masing-masing hutan dihuni oleh hewan yang berbeda.

Misalnya di hutan tropis barat. Hewan yang tumbuh kebanyakan adalah hewan dengan tubuh besar seperti harimau, gajah, jerapah, dan lainnya.

Untuk hutan hujan tropis di wilayah timur, binatang kecil dan berbagai jenis burung khas Papua mendominasi.

Sedangkan untuk hutan hujan di zona transisi, ada banyak hewan unik seperti Anna dan babi hutan, dll., Yang rata-rata adalah mamalia dengan tubuh kecil.

Selain itu, properti berikut dari hutan hujan tropis adalah hujan yang sangat tinggi, yang menyebabkan tanah menjadi sangat tercampur.

Jenis hutan berikutnya di Indonesia adalah bakau. Hutan bakau menumbuhkan pantai landai yang berlumpur yang dipengaruhi oleh pasang surut.

Bakau adalah tempat tinggal untuk berbagai jenis ikan dan udang. Jadi hutan bakau ini sangat penting bagi lingkungan.

Berikut adalah beberapa manfaat hutan bakau sebagai salah satu jenis hutan di Indonesia:

  1. Habitat alami ikan kecil.
  2. Mencegah erosi air laut.
  3. Sebagai rumah bagi berbagai spesies burung laut
  4. Hutan bakau merupakan salah satu cara untuk mempertahankan keutuhan sekitar laut

Selain itu, ada juga hutan sabana sebagai salah satu jenis hutan di Indonesia. Savannah adalah padang rumput yang dipenuhi pepohonan dan ada banyak semak. Sabana umumnya ditemukan di Nusa Tenggara.

  • Karakteristik hutan sabana adalah sebagai berikut:
  • Hutan ini terdiri dari gulma dan banyak semak belukar, hanya von besar beberapa dan hanya di tempat-tempat tertentu.
  • Curah hujan sangat jarang
  • Suhu bumi cukup tinggi untuk mengurangi kelembaban di hutan ini.
  • Cadangan air sangat rendah.

Hutan ini disebut “Hutan Musim” karena memiliki kondisi yang sangat berbeda di musim hujan dan kemarau. Tanaman di musim hutan di musim kemarau biasanya akan meleleh dan di musim hujan mereka akan tumbuh dalam kepadatan lagi.

Dapat ditemukan di dataran tinggi dan dataran rendah.

Jarak antara tanaman satu sama lain di musim hutan cenderung tidak sempit sampai dapat dikatakan diatur secara akurat dengan jarak tertentu.

Ketinggian tanaman yang mengisi hutan musim ini tidak terlalu tinggi. Sangat berbeda dengan hutan hujan tropis.

Jenis-jenis hewan yang hidup di musim hutan tidak banyak, dan seperti hewan yang hidup di hutan hujan tropis. Hewan rata-rata yang dapat ditemukan adalah spesies serangga, ular, burung dan beberapa mamalia pengerat.

Hutan rawa gambut

Seorang wisatawan menyaksikan seekor burung muncul di sebuah menara pengawas di kawasan ekowisata Taman Nasional Birbak Sembilang (TNBS) di Simpang Punjur. (Liputan6.com/Presasmanto Expression)

Hutan Rawa adalah salah satu dari jenis hutan berikut di Indonesia. Hutan Rawa menutupi rawa-rawa dengan berbagai jenis tanaman seperti puntas, panda, dan ketapang. Jenis hutan ini berlimpah di pantai

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*