Uncategorized

Pengertian Reward/ Penghargaan

Definisi Ahli Penghargaan – Dalam penjelasan berikut, hadiah dalam kata-kata setara dengan kata “penghargaan” dalam bahasa Indonesia. Definisi ahli akan dijelaskan di bawah ini untuk sampai pada pemahaman yang merupakan kesimpulan penulis. Jumlah definisi adalah:

Hadiah didefinisikan sebagai penghargaan yang diberikan untuk memotivasi karyawan agar memiliki produktivitas tinggi (Tohardi, 2002: 317).

Hadiah adalah insentif yang menghubungkan pembayaran berdasarkan peningkatan produktivitas karyawan untuk mendapatkan keunggulan kompetitif (Simamora, 2004: 514).

Hadiah juga dapat didefinisikan sebagai hadiah dalam bentuk uang yang diberikan kepada mereka yang dapat bekerja di luar standar yang ditetapkan (Mahmudi, 2005: 89).

Memahami hadiah adalah kegiatan di mana organisasi mengevaluasi kontribusi karyawan untuk mendistribusikan premi moneter dan non-moneter secara langsung dan tidak langsung dalam kemampuan organisasi untuk membayar berdasarkan peraturan perundang-undangan (Schuler, 1987).

Arti yang sama dari hadiah juga dinyatakan bahwa hadiah adalah semua pendapatan dalam bentuk uang, barang langsung atau tidak langsung yang diterima oleh karyawan sebagai hadiah atau layanan yang diberikan kepada masyarakat (Hasibuan, 2007).

Nitisemito (1982) menyatakan bahwa penghargaan adalah hadiah untuk layanan yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan mereka yang dapat dinilai secara tunai dan memiliki kecenderungan untuk diberikan secara teratur. Penghargaan berarti semua bentuk penggajian atau hadiah untuk karyawan dan muncul karena penggunaannya.

Itu bisa dalam bentuk pembayaran tunai langsung (upah, gaji, insentif, bonus) dan bisa juga dalam bentuk pembayaran tidak langsung (asuransi, liburan dengan biaya perusahaan) dan juga bisa dalam bentuk premi non tunai (fleksibel) jam kerja, kantor bergengsi, tantangan pekerjaan yang lebih besar) (Dessler, 2005).

Program penghargaan penting bagi organisasi karena mencerminkan upaya organisasi untuk menjaga sumber daya manusia sebagai komponen utama dan merupakan komponen biaya yang paling penting.

Selain pertimbangan ini, ucapan terima kasih juga merupakan aspek penting bagi karyawan, karena jumlah penghargaan untuk individu atau karyawan mencerminkan ukuran nilai pekerjaan mereka di antara karyawan itu sendiri, keluarga mereka dan masyarakat (Sulistiyani dan Rosidah, 2003).

Dengan pendapat para ahli di atas, penulis dapat menyimpulkan makna hadiah atau hadiah yang diberikan baik dalam bentuk materi maupun non-materi yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawannya sehingga mereka dapat bekerja dengan motivasi tinggi dan hasil dalam mencapai tujuan perusahaan.

Dengan kata lain, penghargaan atau penghargaan bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan mempertahankan karyawan yang unggul dalam tetap setia pada perusahaan. Sistem alokasi dimaksudkan sebagai dorongan bagi karyawan untuk bekerja lebih baik dan menghasilkan motivasi untuk mendorong kinerja karyawan yang lebih baik.

Selain pengertian reward atau penghargaan di atas, kalian juga dapat membaca contoh piagam penghargaan beserta cara pembuatannya berikut ini.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*