Uncategorized

Tips Manajemen Gudang yang Baik

Berbicara tentang jadwal produksi, tentu saja di dalam gudang ada istilah Manajemen Gudang atau Warehouse Management. Hingga pelaksanaan, dan terus melakukan update SOP Gudang agar sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan perusahaan dari waktu ke waktu. gudang dijual surabaya waringin warehouse Manajemen gudang pada sistem pergudangan modern keberadaan SOP Gudang/ SOP Warehouse sangat penting. Penjualan: menu ini bila di-klik akan mengarahkan anda ke bagian penjualan (barang keluar).

Setiap barang yang masuk, anda input-kan di bagian ini. Input barang: bila anda meng-klik tombol ini akan diarahkan ke bagian input barang. Perhatikan contoh format header SOP Manajemen Gudang – Stock Opname berikut ini:

Kartu stok barang, atau form stok barang. Salah satu alat yang bisa digunakan untuk mengelola persediaan dengan efektif adalah BUKU BESAR PEMBANTU persediaan atau buku persediaan barang. Sebagai contoh, persediaan harus disimpan dalam sebuah gudang atau area lain dengan akses terbatas hanya pada pada karyawan yang telah diberi wewenang.

Setelah laporan penerimaan, pesanan pembelian, dan faktur pemasok dicocokkan perusahaan harus melaporkan persediaan dan utang usaha terkait di catatan akuntansi. Begitu pula, harga persediaan yang dipesan seperti yang ditunjukkan dalam pesanan pembelian, harus dibandingkan dengan harga yang ditagihkan pemasok ke perusahaan. Kebersihan gudang penyimpanan harus diperhatikan agar barang dagangan terjaga baik dan siap didistribusikan setiap saat.

#1: Format SOP Gudang – Kebersihan Ruangan Penyimpanan Barang. Hasil monitoring secara teratur dicatat di dalam kartu kontrol dan ditandatangani oleh petugas yang ditunjukkan. Lakukan pemeriksaan suhu setiap hari kerja pada pagi, siang dan sore hari, catat pada lembar monitoring harian yang sesuai dengan kondisi ruangan serta paraf/tanda tangan petugas pemeriksa.

Simpan barang jadi pada ruangan yang sudah ditentukan sesuai kondisi yang ditetapkan dalam penyimpanan barang jadi. Pintu gudang harus selalu terkunci jika tidak ada proses penerimaan dan pengeluaran barang. Menjaga kebersihan ruang penyimpanan (gudang) untuk memelihara mutu barang yang disimpan di gudang.

Nama dan jumlah barang yang datang sesuai dengan surat pesanan. Gudang hanya boleh menerima produk sesuai dengan surat pesanan. Untuk menjelaskan kegiatan penerimaan barang di gudang dan pengiriman barang untuk memastikan bahwa barang yang telah diterima atau dikirim telah sesuai dengan purchasing order (PO) atau Delivery Order (DO).

8 Contoh SOP Gudang/ SOP Warehouse ini semoga jadi inspirasi untuk melaksanakan manajemen gudang yang baik. Jadi, bila manajemen gudang Anda masih berantakan dan anda ingin merancang SOP untuk bagian gudang, seperti: Sebaliknya, arus keluar masuk barang yang terdata dengan baik akan membuat barang selalu terjaga dan sampai di tangan konsumen tepat waktu serta dalam kondisi prima.

Kemudian ruang barang bukti selain kendaraan bermotor juga diperbaiki. Pada intinya kita permudah masyarakat, tinggal mereka menyiapkan kelengkapan identitas jika ingin mengambil barang bukti,” imbuh Kajari. Pada intinya kita buat gedung barang bukti ini agar barang bukti mobil atau sepeda motor itu tetap mempunyai nilai ekonomis saat diambil pemilik atau dilelang,” jelas Kajari, kemarin (8/1).

Dampaknya banyak masyarakat tidak mau mengambil barang bukti sepeda motor. Selama ini banyak barang bukti sepeda motor atau mobil rusak karena diletakkan tidak pada tempatnya. Selain gedung perkantoran baru, Kejari juga membangun gedung barang bukti yang diperkirakan sanggup menampung 400 unit sepeda motor.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*